Kenikir (Cosmos caudatus Kunth.)

Kenikir (Cosmos caudatus Kunth.)


1. Nama tanaman

Nama umum : Kenikir

Nama daerah: Sumatera : Ulam raja (Melayu), Kenikir (Jawa Tengah).

2. Klasifikasi Tanaman
Divisi : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledonae
Bangsa : Asterales
Suku : Asteraceae
Marga : Cosmos
Jenis : Cosmos caudatus Kunth.

3. Morfologi Tanaman

Perdu dengan tinggi 75-100 cm dan berbau khas. Batang tegak, segi empat, beralur membujur, bercabang banyak, beruas berwarna hijau keunguan. Daunnya majemuk, bersilang berhadapan, berbagi menyirip, ujung runcing, tepi rata, panjang 15-25 cm, berwarna hijau. Bunga majemuk, bentuk bongkol, di ujung batang, tangkai panjang ± 25 cm, mahkota terdiri dari 8 daun mahkota, panjang ± 1 cm, merah, benang sari bentuk tabung, kepala sari coklat kehitaman, putik berambut, hijau kekuningan, merah. Buahnya keras, bentuk jarum, ujung berambut, masih muda berwarna hijau setelah tua coklat. Biji keras, kecil, bentuk jarum, panjang ± 1 cm, berwarna hitam. Akar tunggang dan berwarna putih.

4. Kandungan Kimia dan Kegunaan

Daun Cosmos caudatus mengandung saponin, flavonoid polifenol dan minyak atsiri. Akarnya mengandung hidroksieugenol dan koniferil alkohol (Fuzzati et al., 1995).
Daun kenikir (Cosmos caudatus Kunth.) banyak dikonsumsi masyarakat sebagai sayuran. Secara tradisional daun ini juga digunakan sebagai obat penambah nafsu makan, lemah lambung, penguat tulang dan pengusir serangga.

5. Penelitian mekanisme antikanker

Penelitian menunjukkan daun kenikir mengandung senyawa yang memiliki daya antioksidan cukup tinggi dengan  IC50 sebesar 70 mg/L (Lotulung et al., 2001). Senyawa yang bersifat antioksidan dapat memacu proses apoptosis melalui jalur intrinsik (jalur mitokondria). Pemacuan apoptosis merupakan salah satu cara penghambatan karsinogenesis.

Abas et al., (2003) menyebutkan bahwa ekstrak metanolik daun kenikir mengandung flavonoid dan glikosida kuersetin. Senyawa flavonoid diketahui mampu menginduksi terjadinya apoptosis melalui penghambatan aktivitas DNA topoisomerase I/II, modulasi signalling pathways, penurunan ekspresi gen Bcl-2 dan Bcl-XL, peningkatan ekspresi gen Bax dan Bak, serta aktivasi endonuklease (Ren, et al., 2003). Kuersetin memiliki kemampuan menginduksi apoptosis sel kanker kolon Caco-2 dan HT-29 serta sel kanker leukemia HL-60 dengan cara menstimulasi pelepasan sitokrom c dari mitokondria (Taraphdar, 2001).

Pebriana et al. (2008) melakukan uji sitotoksik ekstrak metanolik daun kenikir terhadap sel kanker payudara T47D, didapat nilai IC50 sebesar 345 πg/ml. Berdasarkan hasil uji sitotoksik, ekstrak metanolik daun kenikir memiliki nilai IC50 yang relatif tinggi terhadap sel T47D. Namun, pengamatan morfologi sel setelah perlakuan menunjukkan adanya fenomena kematian sel. Sel yang mati berbentuk bulat, tampak keruh dan mengapung.

Pada pengecatan DNA terlihat adanya fluoresensi hijau terang pada kontrol sel. Warna hijau terang yang seragam pada nukleus dimiliki oleh sel hidup yang masih memiliki membran sel yang utuh (McGahon, et al., 1995). Sedangkan pada sel yang mendapat perlakuan dengan ekstrak metanolik daun kenikir menunjukkan warna yang tidak seragam yaitu warna hijau bercampur oranye yang mengindikasikan terjadinya apoptosis. Hal tersebut terjadi karena sel mulai mengalami membran blebbing, sehingga etidium bromid mulai masuk ke dalam sel. Beberapa sel mengalami kondensasi inti yang ditunjukkan dengan adanya warna kekuningan pada nukleus. Hal ini menandakan adanya peristiwa early apoptosis (Pebriana et al., 2008).

Ekstrak metanolik daun kenikir memiliki aktivitas dalam memacu kematian sel T47D melalui mekanisme apoptosis, sehingga berpotensi untuk dikembangkan sebagai antikanker dengan target aksi spesifik. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut guna mengetahui senyawa aktif dalam ekstrak yang bertanggung jawab terhadap mekanisme pemacuan apoptosis sel T47D.

Daftar pustaka

Abas, F., Shaari, K., Lajis, N.H., Israf, D.A., dan Kalsom, Y.U., Antioxidative and radical scavenging properties of the constituents isolated from Cosmos caudatus Kunth., Nat. Prod. Sciences, 9(4), 245-248.

Fuzzati, N., Sutarjadi, Dyatmiko, W., Rahman, A., and Hostettmann, K., 1995, Phenylpropane derivatives from roots of Cosmos caudatus, Phytochemistry, vol. 39:2, 409-412

Lotulung, P.D.N., Minarti, dan Kardono, L.B.S., 2005, Penapisan aktivitas antibakteri, antioksidan dan toksisitas terhadap larva udang Artemia salina ekstrak tumbuhan Asteraceae, Abstrak, Pusat Penelitian Kimia LIPI.

Pebriana, RB., Wardhani, BWK., Widayanti, E., Wijayanti, NLS., Wijayanti, TR., Riyanto, S., Meiyanto, E., Pengaruh Ekstrak Metanolik Daun Kenikir (Cosmos caudatus Kunth.) Terhadap Pemacuan Apoptosis Sel Kanker Payudara, Pharmacon, Vol. 9, No. 1, Juni 2008, 21-26.

Ren, W., Qiao, Z., Wang, H., Zhu, L., Zhang, L., 2003, Flavonoids: Promising Anticancer Agents, Medicinal Research Reviews, 23 (4), 519-534

Taraphdar, Amit, K., Madhumita, Roy, dan Bhattacharya, R.K., 2001, Natural products as inducers of apoptosis : Implication for cancer therapy and prevention, Current Science, 80(11), 1391

Kontributor : Sarmoko, Endang Sulistyorini

Foto: sarmoko (kecamatan ngargoyoso, karanganyar, jawa tengah)

Last update: 10 November 2010

30 Responses to Kenikir (Cosmos caudatus Kunth.)

  1. diah says:

    masih banyak masyarakat yang tidak tahu tentang manfaat tanaman kenikir terutama pada pertanian tentang kegunaannya sebagai perangkap hama. lain waktu tolong tampilkan tentang kegunaan kenikir sebagai perangkap hama.

  2. ingrid says:

    aku tertarik dengan penelitian mengenai antikanker boleh minta prosedur sitotoksik melalui pemacuan apoptosis g’? thank’s b4 ya………

  3. ingrid says:

    hi, aku tertarik dengan penelitian mengenai antikanker. boleh g aku minta prosedur penelitia

  4. ccrc.pharmacy.ugm says:

    Protokol CCRC bisa di download di Page Protokol website ini.. Terima Kasih

  5. titah says:

    mohon artikelnya dilengkapi dengan cara terbaik untuk mendapatkan manfaat obat daun kenikir, apakah dimakan mentah sbg lalapan, dimakan dalam bentuk rebus/kukus, atau diminum air rebusannya? dan berapa takarannya? terima kasih.

  6. dewi says:

    Salut deh, dengan penelitian dalam negeri. Indonesia jangan kalah sama negara lain. Sejarah sedang berbalik, kembali ke herbal, so… jangan ketinggalan, dan patentkan, entar keburu dipatentkan dari luar, sayang kan..

  7. yuli says:

    duuh klo bsa ditambah sama cara pengolahan’a dong . .
    biar gk ribet2 lgi nyari’a

  8. didi says:

    Ada pengalaman pribadi, ternyata mengkonsumsi rebusan daun kenikir sebanyak satu genggam, dapat mengoptimalkan kemampuan sex pria. setidaknya mengkonsumsi pada saat makan malam, efeknya dapat dirasakan pada sekitar jam 2 dini hari. tapi perlu diteliti lebih lanjut tingkat kebenaran hal ini. matur nuwum

  9. luckgood19@yahoo.com says:

    ada pengalaman pribadi, mengkonsumsi rebusan daun kemangi sebanyak 1 genggam orang dewasa, dapat memberikan efek (sekitar jam 2 dini hari) terhadap kemampuan sex (diatas kondisi biasanya). kalo ada yang mau meneliti boleh juga…… untuk membantu mereka2 yang mungkin punya problem atau merasa kemampuan sex-nya belum optimal.

  10. wafiq says:

    ada hasil penelitian membuktikan kalo penigkatan suhu itu meningkatkan kandungan antioksidan dari kenikir..jadi, untuk konsumsi lebih baik direbus terlebih dahulu daripada dimakan langsung sebagai lalapan.

    eh,boleh minta hasil penelitiaannya lengkap?saya juga sedang meneliti ttg kenikir untuk tugas akhir..
    skalian share aja,,

    terima kasih..

  11. admin says:

    wow , benarkah? bisa bagi mana papernya? sepengetahuan kami malah tinggi yang segar karena belu rusak oleh pemanasan

  12. GEDE SUPARADANA says:

    Saya ini senang sekali makan sayur daun kenikir, sampai2 saya tidak makan bila tidak ada sayur daun kenikir .
    Jika saya makan 80% sayuran dan nasinya sedikit .
    Thanks

  13. Bisa sbg penguat tulang ? Benarkah? Brp kandungan Ca, Mn, P, dan Fe? Dlm keadaan mentah ato matang? Kandungan kimia dan gizinya dilengkapi dong.

  14. Penulisan nama ilmiah tanaman apakah sdh berubah? Dulu saya kuliah d faperta ugm diajari cara nulisnya yaitu :nama spesies dimiringkan atau kl tdk bisa miring dgaris bawahi. Lalu nama penemunya/pemberi nama tanaman dibiarkan tegak. Setahu saya ini penting utk pembedaan spesies itu sendiri. Cobalah diamati, byk tanaman serupa tapi trnyata tdk sama hanya krn tepi daunnya atau beda jumlah mahkota bunga. Apalg kl mau djadikan sumber obat, jgn sampai keliru dgn tanaman yg ternyata beracun.

  15. admin says:

    Penamaan belum berubah, nama spesies di tulis miring dan penemu tetap tegak. kata kedua dari nama spesises awalannya huruf kecil.

  16. h. damar harjotirto says:

    aku coba, sarapan rebusan daun kenikir, perut rasa enak. air rebusan sebagian kutaruh botol dan kudinginkan. enak seger diminum. bisa overdosis gak ya mas pakar. mohon penjelasan

  17. dmrhtirto says:

    dikebunku ada atusan pohon Kenikir, ratusan pohon Katuk dan puluhan pohon Kelor dan beberapa pohon Kecipir. Kapan aku suka maka Kulihat Kebunku dan dau-daun itu kuramu jadi pecel. Uenaak tenan

  18. Tavip Budyodarmo says:

    Pohon kelor di rumahku kebetulan ditumbuhi benalu cukup lebat.
    Apa betul sih benalu kelor dapat digunakan untuk obat kanker.
    Kalau betul dan ada yang membutuhkan bisa hubungi
    0341 8616654

  19. fauziah says:

    Mohon bantuan…
    gimana saya bisa mendapatkan dokumen ini, saya tidak bisa mendapatkan dari alamat email di bawah ini.

    Lotulung, P.D.N., Minarti, dan Kardono, L.B.S., 2005, Penapisan aktivitas antibakteri, antioksidan dan toksisitas terhadap larva udang Artemia salina ekstrak tumbuhan Asteraceae, http://www.kimialipi.net/dokumen/bandung
    /index2.php?aksi=Tampilkan&ha=p&jenis=semua&kategori=JUDUL, diakses September 2005

    tk

  20. Saya memang senang mengkonsumsi daun kenikir, baik dimakan mentah ataupun direbus sebagai lalapan bersama sambal terasi yang mentah (sambal dadak), dan betul bisa menambah nafsu makan.
    Saya menanam kenikir ini disekitar halaman, dalam pot tanpa pupuk kimia, tetapi pupuk organik buatan sendiri.
    Pükoke…. uenak tenan,

  21. Alfredo says:

    Sayang kok ngak dilengkapi cara pengolahan dan dosis pengunaan utk obat,trus akarnya berguna utk apa ya?

  22. admin says:

    Cara pengolahan bisa langsung dikonsunsi sebagai lalapan. untuk dosis sesuai selera, jika pemakaian untuk pencegahan.

  23. nilam says:

    wah termksh bgt y bwt infonya………………………………….
    aq nrasa sgt terbntu

  24. admin says:

    OK sama-sama. Semoga bermanfaat.

  25. Belalang says:

    Saya dengar dari teman bahwa rebusan daun kenikir bisa menyembuhkan bengkak kaki yang disebabkan oleh asam urat yang tinggi. Apa benar? Tolong jika teman2 ada yang bisa mengkonfirmasi hal ini.

  26. welehweleh says:

    Apakah bisa ditanam pada pot? Bagaimana caranya? Dengan biji atau dengan batangnya ? Tolong dong pakar kenikir. Daun sirih dimakan hiu, terima kasih thank U

  27. admin says:

    kenikir bisa di tanam meggunakan biji. asal tanah lembab dan nutrisi tanah subur maka cepat sekali tumbuhnya. Terima kasih

  28. kinan says:

    saran saya lebih diperlengkap lagi artikelnya. terima kasih

  29. admin says:

    Sudah kami lengkapi artikelnya, last update 10 November 2010

  30. boleh aq minta ga nie artikelnya,hehehe ,maaf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 31 other followers

%d bloggers like this: